Tipe Soal Dalam Reading IELTS


Setelah kita kupas isi reading IELTS di tulisan ini
, kita lanjut membahas tipe soal yang ada dalam reading seperti apa saja.

Let's check it out!

1. Locating Information
Locating Information [edx.org]
Soal tipe ini biasanya diawali dengan: Which paragraph contains the following information?
Kemudian diikuti dengan beberapa soal yang berisi kalimat. Nah, di masing-masing kalimat itu carilah keyword-nya. Misalnya di soal no 1:
the particular species that Prof Marshall is interested in researching.

Dalam kalimat ini kita diminta mencari particular species yang ingin diteliti Prof Marshall. Kalau sudah bahas particular species, berarti di dalam teks lakukan scanning dengan cepat untuk mencari nama Prof Marshall. Kalau sudah ketemu nama itu, bacalah kalimatnya, apakah ada nama spesies yang disebut. Jika ada, itu jawabannya. Jika tidak ada, cari lagi. Baca lagi.

Begitulah kira-kira caranya mengerjakan soal tipe ini.

2. Headings
Contoh Soal Headings [edx.org]
Setiap paragraf tentu punya ide utamanya. Di soal reading kita juga terkadang diminta mencari ide Utama setiap paragraph. Ide Utama ini bisa kalian dapatkan dengan membaca kalimat Utama (kalimat pertama dalam paragraph tersebut). Enak kan? Baca saja kalimat pertama di setiap paragraf, lalu carilah heading yang tepat dari list of headings yang sudah disediakan.

Yang membuat soal ini sulit tentu saja pasti ada paraphrase dalam kalimatnya 😀

3. Short Answer
Contoh Short Answer [edx.org]
Tipe soal ini adalah yang paling umum muncul dalam ujian. Ada pertanyaan 5W 1H dan ada Batasan jawabannya. Perhatikan dengan baik batasannya apakah NO MORE THAN THREE WORDS atau TWO WORDS atau yang lain. Ingat ya nominal juga dihitung satu kata. Misalnya 20 students = 2 kata.

4. Labelling
Contoh Soal Labelling [edx.org]
Soal labelling intinya adalah kita diminta untuk melengkapi data visual, bisa berupa diagram, tabel, flow chart dengan data yang kita baca dari teks.

5. True , False, Not Given
Contoh Soal T,F,NG [edx.org]
Ini adalah tipe soal paling memusingkan bagi saya😅. Akan ada pernyataan di dalam soal, lalu kita diminta menyatakan apakah itu benar / sesuai dengan teks (TRUE) ; salah / tidak sependapat dengan teks (FALSE); atau pernyataan tersebut tidak disebutkan dalam teks (NOT GIVEN).
Selain melakukan scanning, skimming, kita juga harus menilai apakah pernyataannya T, F, atau NG.

Terkadang tipe soal ini juga disebut dengan YES, NO, NOT GIVEN. Intinya sama dan cara pengerjaannya pun sama.

6. Classification
Contoh Soal Classification [edx.org]
Soal klasifikasi ini maksudnya adalah kita memasukkan kalimat (dalam soal) ke dalam kategori yang disediakan. Biasanya ada 3 kategori, tapi bias saja 2 atau 4, dst. Dalam soal di atas kategori yang dipakai adalah rentang tahun. 
Contoh Cara Menjawab Classification [edx.org]
Untuk menjawab soal tipe ini, lakukan scanning. Jika sudah ketemu kalimat mana yang sesuai, perhatikan tahun yang tertera, lalu masukkan ke dalam kategori yang tersedia.

 7. Matching
Contoh Soal Matching [edx.org]
 Soal ini biasanya muncul jika teks menceritakan tentang beberapa hal, seperti beberapa teori, beberapa tempat, beberapa jenis aliran seni, dll. Nah, di tipe matching ini kalian diminta mencocokkan kalimat dengan pilihan yang ada.
Dalam contoh soal di atas, ada 4 soal berisi pernyataan teori dan 4 nama (A-D). Kita diminta untuk mencocokkan kalimat teori dengan pencetusnya. Tentu saja jawaban ada di teks.
Cara mengerjakan soal ini : Lakukan skimming untuk mencari bagian mana yang membahas pernyataan ini. Setelah ketemu, baca dengan cermat untuk menemukan pencetus teorinya.


NAH..itulah tipe soal yang bisa muncul dalam reading test. Dalam 40 soal, bisa beberapa atau semua tipe soal ini muncul. Tipe soal ini bukan untuk dihafalkan kawan, tapi untuk mempersiapkan mentalmu, untuk membuatmu waspada bahwa soal dalam reading test IELTS berbeda jauh dengan TOEFL.
Intinya sama yaitu untuk mengetes kemampuanmu memahami bacaan, mendapatkan informasi dalam bacaan, namun IELTS punya caranya sendiri untuk mengujinya, yakni dengan berbagai macam tipe soal.

Bagaimana? Sudah tahu kan ya tipe soalnya apa saja. Semoga membantu.
Semagat belajar!



Komentar