8 Tipe Soal Listening IELTS

Lanjut dari artikel kemarin yang membahas isi listening IELTS, kali ini kita membahas tipe-tipe soalnya.
Berbeda dengan TOEFL iBT yang soalnya berupa multiple choice, untuk IELTS kalian akan menghadapi tipe soal yang berbeda. Kamu bisa mengalami beberapa tipe dalam satu naskah soal listening dari kedelapan tipe soal. Apa sajakah itu?

1. Form Completion

Form Completion (courses.edx.org)
Itu adalah contoh soal Form Completion dengan topik mendaftar sebagai anggota klub fitness. Di Listening-nya kamu akan mendengarkan dialog 2 orang melalui telepon kemudian kamu diminta melengkapi informasi yang dibutuhkan. Contoh ini diambil dari Listening Section 1. 
Dalam contoh di atas, diberikan beberapa opsi untuk membantu kita menebak, apakah gap itu berisi informasi berupa kata / angka.
Tips untuk soal seperti ini adalah:
  1. Saat listening pause sejenak dan kamu diminta membaca soal, cek ada berapa gap yang harus dijawab
  2. baca cepat dan coba pikirkan "ini tentang apa"
  3. perkirakan gap itu nanti berisi angka atau kata
  4. berhati-hatilah dengan spelling

2. Multiple Choice
MCQ (courses.edx.org)
Meski sama multiple choice-nya, bentuk soal multiple choice di IELTS bisa sangat berbeda dengan soal di TOEFL iBT. Salah satu contohnya adalah pada gambar di atas, yang meminta kamu memilih dua jawaban dari sekiap opsi. Tips untuk soal model multiple choice itu adalah baca instruction dengan teliti, berapa jawaban yang diminta. Dan di answer sheet-nya nanti kamu cukup menuliskan abjadnya saja, seperti A, E, F tanpa perlu menuliskan katanya.

3. Matching
Matching (courses.edx.org)
Matching pada dasarnya adalah mencocokkan. Kedengarannya sederhana, namun IELTS mampu membuatnya menjadi menantang. Contoh di atas salah satunya. Di sini pada dasarnya kamu hanya menuliskan fasilitas yang ada dalam hotel dan opsinya sudah tersedia. Ingat tulis abjadnya saja. Jadi misalnya ketika kamu mendengar "Hotel Mayfear is great. Its located near the beach" jadi pada nomor 1 tuliskan opsi "C".
Tips untuk soal model ini adalah:
  1.  Cek instruction-nya seperti apa. Apakah cukup satu jawaban dalam satu nomor atau mungkin bisa lebih.
  2. Baca opsi dan pertanyaannya untuk membuatmu menebak kira-kira speaker akan berbicara tentang apa
  3. Baca opsi dan pikirkan kata-kata lainnya yang mungkin bisa digunakan (paraphrase). Pada dasarnya yang tertuang dalam opsi tidak akan diucapkan sama persis seperti itu oleh speakernya. Itulah kadang yang membuat kita bingung πŸ˜“dan merasa bahwa speaker tadi tidak membicarakan hal itu. Misalnya kamu mendengarkan "Hotel Helga is famous for the food. The chefs there are great" maka ini mengarah pada opsi D:award winning restaurant.
  4. Walau kata-katanya akan berbeda, jangan panik sebab listening berjalan berurutan sesuai dengan soal. Jadi ketika listening, pantau urutan soalnya, kemudian paskan dengan opsi yang ada.

4. Short Answers
Short Answers (courses.edx.org)
Ciri khas dari short answers adalah adanya word limit. Jika di instruction sudah dikatakan NO MORE THAN THREE WORDS, maka maksimal hanya tiga kata, dan angka dihitung sebagai kata. Misalnya jawaban pada soal no 11 adalah "around two hours and a half", maka kamu bisa menuliskan "AROUND 2.5 HOURS" atau "2.5 HOURS", namun jangan menuliskan TWO HOURS AND A HALF" karena itu sudah lebih dari tiga kata.
Tips untuk menghadapi soal ini adalah:
  1. Baca instruction dengan teliti dan lihatlah ada berapa jawaban yang diminta dan berapa soal
  2. Baca soal dan garisbawahi kata kuncinya (cth: how long, last weekend, Sandy Island)
  3. Jawaban akan diperdengarkan secara berurutan jadi ini sangat menguntungkan. Pastikan untuk mendengarkan sambil memantau soal.
  4. Jawablah sesuai dengan yang kata-kata kamu dengar, namun perhatikan word limit-nya.

5. Labelling 
Labelling Map (courses.edx.org)
Soal labelling ini terbilang cukup menantang dari keempat tipe soal tadi. Labelling bisa disertai dengan peta (seperti contoh di atas) atau diagram. Tipe soal ini menguji daya visual kamu dalam memahami informasi. Jadi pastikan dulu kamu tahu yang ada dalam soal adalah peta tentang apa. Apakah itu peta apartemen / peta museum / yang lain. Jika dalam bentuk diagram, pastikan kamu bisa membaca diagram batang atau iris πŸ˜€. Labelling map akan dibacakan berurutan jadi pastikan kamu mengikuti starting point-nya untuk memudahkan kamu mengikuti arahan.

6. Table / Flowchart Completion
Table Completion (courses.edx.org)
Pada dasarnya tipe soal ini mirip dengan form completion, hanya saja penyajiannya dalam bentuk tabel. Jadi sebelum listening-nya diputar pastikan kamu telah memahami terlebih dahulu maksud tabel tersebut. Lihat juga ada berapa nomor yang harus diisi serta perhatikan pula word limitnya. Waspadai spelling kamu juga ya.

7. Sentence Completion
Sentence Completion (courses.edx.org)
Tipe soal ini mirip dengan short answer, hanya saja gap bisa berada di awal, tengah atau akhir kalimat. Namanya juga melengkapi kalimat. Tipe soal ini sedikit lebih sulit dari tipe sebelumnya karena selain mendengarkan dan tahu jawabannya, kamu perlu mencocokkan secara grammar. Hmm..jadi begini ringkasan tipsnya:
  1. Baca instruksi dan ketahui word limitnya. Lihat ada berapa gap yang perlu dijawab.
  2. Baca soal dan garis bawahi kata kuncinya
  3. Perkirakan gap akan berisi kata berupa Noun / Adjective / Adverb atau mungkin angka
  4. Pikirkan gubahan kalimat (paraphrase) yang mungkin terdengar di listening  karena kalimat pertanyaan tidak akan diucapkan sama persis oleh speaker. 
  5. Setelah mengisi jawaban, baca kalimat secara keseluruhan untuk mengecek apakah jawabanmu juga benar secara grammar.

8. Classification


Classification (courses.edx.org)


Tipe soal ini biasanya ada di section 3 atau 4. Mungkin kamu pernah familiar dengan soal ujian masuk perguruan tinggi, biasanya ada opsi A, B, C yang memiliki kondisi tertentu dan kita diberikan pernyataan untuk memasukkan kategorinya ke A, B, atau C. Untuk soal classification dalam IELTS pun sama. Kategori opsi bisa beragam, dalam contoh di atas adalah masukan untuk student's essay. Sedangkan pernyataannya adalah tentang poin-poin dalam essay tersebut. Tips yang paling penting dalam menghadapi soal ini adalah baca opsi dan pernyataannya untuk mengetahui topik yang dibahas. Kemudian pastikan kamu bisa mengenali perbedaan suara speaker dan kecenderungan opininya. Dan ingat, jawaban yang kamu tuliskan di answer sheet hanyalah abjadnya saja.


Nah itulah tadi tipe soal listening IELTS. Semua contoh di atas adalah yang penulis dapatkan saat mengikuti kuliah online IELTS preparation yang disediakan oleh EdX.org. Satu hal yang penting untuk IELTS listening dan berbeda dengan TOEFL iBT adalah kamu menuliskan jawabannya, jadi spelling sangatlah penting. Kamu bisa menggunakan British / American spelling, namun kamu harus konsisten. Jadi mulailah condong pada salah satu, bisa British atau American dan konsisten dengan itu saat latihan menulis. Semoga informasi tadi bermanfaat. Salam!πŸ˜€πŸ˜€





Komentar