Kupas Isi Writing IELTS

Finally, kita sampai di skill terakhir dalam tes IELTS: Writing!!!
Bagi yang ingin tahu tentang skill lainnya, bisa baca di tulisan-tulisan sebelumnya.

Langsung aja ya,,
Durasi tes ini selama satu jam dan ada dua tugas untuk diselesaikan.
Tugas pertama: selama 20 menit kalian diminta menjabarkan data yang ditampilkan secara visual (tabel, diagram, flow chart) dengan minimal 150 kata.
Tugas kedua   : selama 40 menit kalian diminta menuliskan esai yang berkaitan dengan isu yang diberikan.

Dalam menghadapi tugas pertama kalian harus bisa:
memilih data yang disajikan, mengelompokkannya, lalu membandingkan antara kelompok yangs atu dengan yang lain. Jika data visual berupa flow chart, maka kalian harus bias menjelaskan tahap-tahap suatu proses.

Dalam menghadapi tugas kedua kalian harus bisa:
memahami soal untuk tahu apa yang diminta, menuliskan pendapatmu dengan disertai penjelasan dan contoh. Atau jika soal juga memintamu untuk menyediakan solusi dari suatu permasalahan, maka kalian harus bias menyajikan solusi yang logis dan coba yakinkan solusi itu pas untuk mengatasi masalah tersebut.

Di dalam writing, ada beberapa hal yang jadi poin penilaian, yaitu:
  • Cohesion & Coherence :
ide yang disampaikan harus jelas dan tersusun dengan runtut
Lexical Resources :
kalimat menggunakan beberapa vocabulary yang beragam. Jika bisa tidak ada vocabulary yang diulang, cobalah untuk mencari padanan katanya.
  • Grammatical Range:
dalam menulis kalimat, usahakan untuk menggunakan beragam jenis tenses, atau tulislah kalimat majemuk, bukan kalimat yang sederhana.
  • Task Achievement / Task Response :
Dalam tugas pertama, ada data yang memang harus dijelaskan dalam tulisanmu. Itulah yang dinamakan task achievement. Jika data yang semestinya dideskripsikan malah luput dari pengamatanmu, maka tentu saja task achievement gagal dicapai.
Dalam tugas kedua, pendapat / contoh / solusi yang kalian sampaikan harus relevan dengan isu yang dibahas. Inilah yang dinamakan task response. Jika esai kalian menyimpang dari apa yang semestinya dibahas, maka task response gagal tercapai.

Setelah tahu durasi dan seperti apa tesnya, saatnya kalian dalami masing-masing tugas tersebut.
Akan kita bahas di tulisan berikutnya. 😊


Komentar